Kampus Harusnya Suarakan Syarat Jadi Politisi Adalah Kepemimpinan Intelektual

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Jumat, 16 Desember 2022 – 16:14 WIB

VIVA Politik – Doktor Ilmu Pertahanan, Hasto Kristiyanto, mengatakan perguruan tinggi di Indonesia sebaiknya memberi perhatian khusus bagaimana memastikan anak-anak Indonesia menguasai ilmu-ilmu dasar sejak pendidikan dasar.

Hal itu diungkap oleh Hasto saat berbicara dalam seminar ilmiah dosen dalam rangka dies natalies Universitas Sanata Dharma (Sadar) Yogyakarta, pada Jumat, 16 Desember 2022.

“Perguruan Tinggi sebagai salah satu motor penggerak kemajuan. Perguruan Tinggi menjadi pelopor tindakan yang bersifat progresif revolusioner dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan ilmu-ilmu dasar dan memperkuat budaya literasi, numerasi, sains dan teknologi melalui riset dan inovasi yang berpihak pada kemajuan bangsa,” kata Hasto.

Di seminar itu, Sekjen PDIP ini menyampaikan penjelasan mengenai geopolitik Soekarno, yang menjadi hasil penelitian dan disertasinya. Hasto juga menyampaikan, studinya menemukan bahwa salah satu varian terpenting kemajuan Indonesia adalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Dan dari ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut, faktor yang paling penting adalah pendidikan itu sendiri. Maka tak ada negara maju tanpa memperkuat kemajuan dalam dunia pendidikan. Ini yang harus merubah seluruh cara pandang dalam merancang kebijakan negara. Termasuk para politisi tentang pentingnya pendidikan sebagai akselerasi yang paling mungkin dalam kemajuan bangsa,” urai Hasto.

Selanjutnya adalah city of intelect, yakni tentang suatu koridor strategis, penataan kampus-kampus atas dasar potensi wilayah yang ada.

Sumber: www.viva.co.id